Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak organisasi kemasyarakatan di daerah itu menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019.

"Kepada seluruh ormas baik anggota dan pengurusnya agar dapat menyukseskan pelaksanaan pemilu 2019 sesuai dengan kemampuannya," kata Kepala Badan Kesbangpol Belitung, Ahyat di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia peran ormas sangat penting dalam mengajak masyarakat agar mendatangi tempat pemungutan suara pada pelaksanaan pemilu nanti.

Ormas, kata dia, juga diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilih untuk pertama kalinya pada pemilu nanti.

"Mereka bisa mengajak untuk datang ke TPS tetapi tidak boleh mengarahkan memilih kepada calon tertentu atau seseorang. Ini hanya untuk menyukseskan pemilu dan meningkatkan partisipasi," ujarnya.

Selain itu, ormas juga diimbau melakukan sosialisasi kepada masyarakat luas baik secara langsung maupun memasang spanduk ajakan agar berpartisipasi dalam pelaksanaan pemilu 2019.

"Dalam rapat pembinaan juga kami sampaikan agar mereka berpartisipasi menyukseskan pemilu 2019," ujarnya.

Ia menyebutkan, sejauh ini kondisi di daerah itu menjelang pelaksanaan pemilu 2019 masih dalam kategori aman dan kondusif.

"Namun kami juga rutin senantiasa memantau perkembangan politik di daerah dan kami juga siap menyukseskan pemilu 2019," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019