Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan lonjakan harga tiket pesawat dalam beberapa bulan ini mempengaruhi kegiatan pemerintahan.

"Imbas dari lonjakan harga tiket pesawat itu sangat lua, khusus di pemerintahan jelas sangat mempengaruhi terutama untuk kegiatan di luar daerah," ujarnya di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, dengan melonjaknya harga tiket pesawat mengharuskan pemerintah daerah melakukan pengereman dan bahkan membatalkan sejumlah kegiatan yang dilaksanakan di luar provinsi.

"Terpaksa mengerem kegiatan, karena anggaran sudah ditetapkan sementara lonjakan harga tiket tidak berbanding lurus lagi dengan anggaran yang ada," ujarnya.

Selain itu, kata dia, lonjakan harga tiket pesawat juga berpengaruh terhadap arus orang dan barang yang datang ke daerah ini.

"Kunjungan wisatawan juga menunjukkan grafik menurun, karena banyak wisatawan membatalkan paket wisata tujuan Babel karena tingginya harga tiket," ujarnya.

Sementara seorang agen tiket di Bandara Depati Amir Bangka Tengah, Babel, mengakui lonjakan harga tiket pesawat berpengaruh terhadap berkurangnya jumlah penumpang.

"Jumlah penumpang menurun drastis, tentu saja berimbas terhadap menurunnya penjualan tiket. Keluhan juga disampaikan para supir angkutan bandara yang pendapatannya jauh berkurang karena sepi penumpang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019