Dewan Kerajinan Nasional Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperkuat usaha mikro kecil menengah, guna mempercepat penetapan tiga Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di Pulau Bangka. 

"Kita siap mendorong pengrajin dalam menyambut terbentuknya KEK Pantai Timur Sungailiat," kata Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Melati Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Kamis. 

Ia mengatakan dalam mendorong percepatan pembentukan KEK di Pulau Bangka ini, Dekranasda dan Pemprov Kepulauan Babel terus meningkatkan sumber daya manusia pelaku UMKM, memfasilitasi perizinan, permodalan, peningkatan kualitas produk, pemasaran dan lainnya dalam meningkatkan daya saing produk usaha pangan dan kerajinan di daerah ini. 

"Saya minta pengrajin menaikkan kualitas produknya, wisata dan kerajinan daerah ini yang unik dan iconik, sehingga dapat memberikan kesan yang baik bagi para wisatawan" ujarnya. 

Menurut dia peningkatan SDM pelaku UMKM ini, mengingat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung segera memiliki Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK) Pantai Timur Sungailiat, Tanjung Gunung, Tanjung Kelayang Belitung. Yang dapat membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat Bangka dan Belitung. 

"Mudah-mudahan KEK di daerah ini segera ditetapkan yang akan berdampak baik terhadap pengembangan pariwisata dan perekonomian masyarakat di daerah ini," katanya. 

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Kepulauan Babel, Elfiyena berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam meningkatkan usahanya.

"Kami berharap para peserta untuk lebih pro aktif bertanya kepada narasumber, bagaimana mengembangkan usaha dengan baik dan bagaimana mendapatkan bantuan permodalan usahanya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019