Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap melaksanakan kegiatan pelatihan dan pembinaan bagi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di daerah itu.

"Tahun ini kita berikan pelatihan dan pembinaan penguatan keterampilan bagi KIM sebagai organisasi di masyarakat di desa masing-masing," kata Kepala Dinas Diskominfotik Bangka, Asnawi Alie melalui Kepala Bidang IKP Diskominfotik Kabupaten Bangka, Suryani di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan, sekarang ini ada sebanyak 22 KIM yang ada di beberapa kecamatan di Kabupaten Bangka sebagai wadah di desa guna menyampaikan informasi pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah.

Menurut dia, KIM juga sebagai agen di masyarakat untuk menangkal informasi hoaks atau tidak benar di masyarakat, sehingga masyarakat bisa mengetahui bahwa informasi yang beredar itu tidak benar.

"Kami harap sebagai agen informasi masyarakat, mereka dapat memberikan literasi ke masyarakat sekitar desanya," katanya.

Ia mengatakan, KIM bisa minta bantuan ke pemerintah desa untuk mendirikan bangunan atau pun sarana untuk memberikan informasi kepada masyarakat, diketahui ada 30 persen dana desa yang bisa dimanfaatkan guna pemberdayaan masyarakat desa.

KIM yang ada saat ini ada yang berlokasi di kantor desa dan di kediaman pengelola KIM, oleh sebab itu kedepan jika memang KIM sudah memiliki legalitas secara hukum dapat mengajukan bantuan kepada pemerintah desa.

"Masyarakat pun harus proaktif kepada KIM dalam mencari dan berbagi informasi dengan KIM di desanya, begitu juga dengan KIM bisa proaktif ke masyarakat guna mensosialisasikan KIM ini," katanya.

Ia menambahkan, masyarakat dan pemerintah desa juga dapat mempromosikan setiap keunggulan yang ada di desa, sehingga dapat diketahui masyarakat diluar desanya seperti objek wisata, makanan khas dan lainnya.

Pewarta: Dwi HP

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019