Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syaiful Zohri mengatakan, pelaksanaan pemilu merupakan hasil kesepakatan yang harus mendapat dukung penuh masyarakat.

"Mulai dari pemilihan kepala daerah, pileg maupun pilpres semuanya merupakan hasil kesepakatan yang diatur dalam ketentuan perundang-undangan," katanya di Sungailiat, Senin.

Menurutnya, ketentuan kesepakatan itu tentu harus mendapat dukungan penuh dari semua lapisan masyarakat agar dapat berjalan dengan sukses.

"Tidak ada alasan bagi masyarakat tidak mendukungnya kegiatan pemilu baik pemilihan kepala daerah sampai pemilihan calon presiden dan wakil presiden 2019," jelasnya.

Dia menyarankan seluruh masyarakat agar pelaksanaan pemilu 2019 harus didukung penuh dengan cara menyampaikan hal pilihnya sesuai dengan hatinya nuraninya.

"Bagi masyarakat yang menyampaikan pilihan selain bentuk dukungan dalam menyukseskan pemilu, juga penyampaian hak memilih pemimpin negara dan wakil rakyat untuk membangun selama lima tahun," jelasnya.

Syaiful Zohri mengatakan, masyarakat yang sudah tercatat dapat daftar pemilih tetap, hendaknya jangan sampai melakukan sikap golput karena hilang suara hak untuk memilih.

"Disayangkan kalau hak memilih tidak disampaikan karena harus menunggu waktu cukup lama lima tahun lagi untuk pelaksanaan serupa," katanya.

MUI Kabupaten Bangka kata dia, mendukung pelaksanaan pemilu 2019 agar tetap berjalan sukses dan lancar sesuai yang diharapkan bersama.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019