Pihak Kepolisian Sektor Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 agar berjalan aman dan lancar.

"Kami bersama dengan TNI siap mengawal pelaksanaan Pemilu 2019 mulai dari tahapan awal sampai akhir," kata Kapolres Bangka AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kapolsek Puding Besar, Iptu Yudha Prakoso di Sungailiat, Senin.

Pihaknya akan melakukan penjagaan ketat di TPS termasuk logistik yang dipasok dari KPU sampai dikembalikan lagi hasil suara dari semua tempat pemungutan suara ke KPU.

Menurutnya, sesuai data dari KPU terdapat 54 TPS di daerahnya yang tersebar di tujuh desa dengan jumlah DPT sebanyak 12.874 terdiri dari  6.830 laki-laki dan 6.044 perempuan.

"Kecamatan Puding Besar mempunyai luas wilayah 383,29 kilometer persegi yang terdiri dari tujuh desa dengan sebagian besar penduduknya adalah bekerja di sektor pertanian sampai sekarang kondisi wilayah relatif kondusif," katanya.

Menurutnya, hubungan antara masyarakat dengan pihak kepolisian maupun dengan pemerintah kecamatan cukup baik dan tertanam saling kebersamaan.

"Pelaksanaan Pemilu 2019 semakin mendekati hari H, saya terus mengimbau seluruh masyarakat di Kecamatan Puding Besar untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dan tidak mudah terprovokasi oleh kabar yang belum jelas kebenarannya "Hoax"," jelasnya.

Menurutnya, kabar hoax yang tidak dapat dipertanggungjawabkan dapat berdampak sangat fatal karena dapat memecah persatuan dan kesatuan masyarakat.

Sementara Ketua KPU Bangka, M. Hasan mengatakan, angka partisipasi pemilih khusus di Kecamatan Puding Besar cukup tinggi dibandingkan dengan kecamatan lain.

"Pada pemilihan kepala daerah 2018, angka partisipasi pemilih dari Kecamatan Puding Besar mencapai 77 persen lebih, angka partisipasi itu diharapkan dapat dipertahankan atau bahkan ditingkatkan pada pemilu 2019," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019