Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi mengajak masyarakat untuk gemar membaca, guna membentuk karakter bangsa menjadi bangsa yang cerdas dan berkualitas.

"Melalui Rapat Koordinasi (Rakor) Gerakan Permasyarakatan Minat Baca ini kita berupaya meningkatkan minat baca masyarakat karena saat ini minat baca di Indonesia khususnya Babel sangat rendah," kata Melati Erzaldi, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, sebagai ketua gerakan permasyarakatan minat baca Babel, pihaknya mengajak semua masyarakat Babel untuk senantiasa gemar membaca.  Ini juga merupakan program nasional sebagai implementasi dalam meningkatkan indeks literasi masyarakat Indonesia.

"Kita akan membuat program - program yang akan bersinergi dengan dinas atau lembaga terkait, salah satunya adalah Program TP PKK Bangka Belitung, sehingga meningkatkan minat baca masyarakat, juga membuat pojok - pojok Perpustakaan di ruang publik," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Barat, Markus, berharap Rakor ini dapat menjadi awal yang baik membentuk karakter masyarakat untuk gemar membaca dan masyarakat yang terus belajar.

Seseorang bisa membuka diri terhadap ide dan informasi yang akan membantu perkembangan sisi kreatifitas otak, karena otak menyerap Inovasi dalam proses berfikir.

"Dengan membaca, seseorang dapat membentuk karakter bangsa menjadi bangsa yang cerdas dan berkualitas. Dengan membaca juga akan meningkatkan kreatifitas dan kepercayaan diri," ujarnya.

Ia menambahkan, Bangka Barat memiliki 10 taman bacaan, 64 Perpustakaan Desa dan 206 Perpustakaan Sekolah. Selain itu, Bangka Barat juga memiliki beberapa program gerakan literasi.

"Beberapa program literasi kita, yakni pencanangan gerakan membaca 15 menit sebelum kegiatan belajar mengajar di sekolah, pembentukan perpustakaan kelas di sekolah dan gerakan Satu Guru Satu Buku (SAGU SABU). (rilis)

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019