Kepolisian Resor Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan sebanyak 370 personel guna mengamankan pelaksanaan pemilu 17 April 2019 di daerah itu.

"Personel pengamanan tersebut terdiri dari 310 personel Polres Belitung dan 60 personel BKO dari Polda Bangka Belitung," kata Kapolres Belitung, AKBP Yudhis Wibisana di Tanjung Pandan, Sabtu.

Ia menjelaskan, 250 personel akan ditugaskan untuk mengamankan tempat pemungutan suara (TPS) dan sebanyak 60 personel satuan tugas akan melaksanakan kegiatan cipta kondisi di daerah itu.

Selain itu, kata dia, pengamanan Pemilu 2019 juga melibatkan sebanyak 100 personel TNI, 1.058 personel linmas, dan 50 organisasi kemasyarakatan di daerah itu.

"Ini adalah bentuk kesiapan dari Polres Belitung dalam rangka kegiatan pengamanan pelaksanaan Pemilu 2019," katanya.

Menurut dia, dalam rangka pengamanan pemilu Polri sebelumnya telah menggelar operasi Mantab Brata 2019 yakni operasi kepolisian yang bersifat terpusat dengan mengedepankan pendekatan preventif didukung kegiatan penegakkan hukum, intelijen dan kegiatan lainnya.

Dikatakannya, pelaksanaan Pemilu 2019 memiliki potensi kerawanan yang dapat memerlukan perhatian serius dari semua unsur terkait agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata sehingga menghambat kelancaran penyelenggaraan Pemilu 2019.

"Kami mengingatkan kepada peserta Pemilu 2019 hendaknya bahwa dalam pelaksanaan kampanye tetap berpegang dalam rangka menjaga kesatuan dan persatuan bangsa sehingga pelaksanaan pemilu berjalan lancar, damai, dan sejuk," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019