Bupati Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Justiar Noer mengatakan sinergitas antara pemerintah daerah (Pemda) dan pemerintah desa (Pemdes) sangat penting guna mempercepat pembangunan desa.

"Sinergitas antara Pemda dan Pemdes sangatlah penting, sehingga pembangunan cepat terealisasi," katanya di Toboali, Jum'at.

Tidak hanya itu, sebagai subjek pembangunan, untuk itu sebagai perencana, pelaksana dan penerima manfaat, desa juga dituntut agar dapat bisa bersama pihak-pihak lainnya untuk melakukan pembangunan di desa dan di perkuat dengan perdes.

Ia mengatakan dengan adanya Undang-Undang Desa, desa tidak serta merta harus membangun desa nya sendiri tanpa dukungan stakholder yang lain, akan tetapi desa harus didukung oleh segala sektor agar berhasil guna didalam pembangunannya.

Terlebih, saat ini perhatian pemerintah terhadap desa cukup tinggi untuk bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya beli masyarakat dengan digulirnya program dana Desa.

"Selain mendapatkan dana desa dari APBN, pemerintah desa saat ini juga mendapatkan alokasi dana desa (ADD)  serta bagi hasil pajak dan retribusi yang berasal dari APBD. Sejak digulirnya program dana desa, desa saat ini tidak lagi sebagai objek pembangunan, akan tetapi telah menjadi subjek pembangunan," katanya.

Menurut dia, besarnya jumlah bantuan keuangan yang dianggarkan pemerintah, maka bisa dilihat keseriusan pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten dalam mendukung pelaksanaan pembangunan di desa.

"Tentunya perhatian ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Desa yang ditekankan tentang prinsip pembangunan yaitu "Desa Membangun dan Membangun Desa" ," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019