Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (DPKO) Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendata baru sebanyak 15 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang terbentuk di daerah itu.

"Sampai saat ini baru sebanyak 15 Pokdakwis yang telah dikukuhkan dan tersebar di seluruh destinasi pariwisata yang ada di Bangka Selatan," kata Kepala DPKO Bangka Selatan, Haris Setiawan di Toboali, Sabtu.

Adapun 15 Pokdarwis yang telah terbentuk yakni, Pantai kelisut, Batu Belimbing, Batu Kapur, Tj. Labun, Tukak, Kerasak, Bukit Gebang, Tj. Labu, Bukit Nenek, Simpang Rimba, Nyelanding, Pulau Besar dan Bukit Gadung serta Payung.

"Pokdarwis ini memiliki peran agar bisa memberikan edukasi dan gerakan sadar wisata kepada masyarakat yang ada disekitar kawasan objek wisata, sehingga dapat bersama sama menjaga dan merawat destinasi tersebut," katanya.

Menurut dia, selain mengedukasikan masyarakat, Pokdarwis juga merupakan salah satu stakeholder yang ikut berperan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke kabupaten Bangka Selatan (Basel) saat ini yakni kelompok sadar wisata (pokdarwis).

"Untuk saat ini Pokdarwis kami fungsikan sebagai pengelola kawasan wisata, meskipun sebenarnya pengelola objek wisata bukan Pokdarwis tapi BUMDes karena mereka bisnis dengan harapan ada pemasukan dan mengelola kawasan wisata," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019