Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengatakan satu sekolah di Kabupaten Bangka Barat terpaksa menumpang penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA karena belum memiliki fasilitas komputer.

"Satu sekolah Madrasah Aliyah Madinatul Ilmi Tempilang masih menumpang penyelenggaraan UNBK di MTs Kelapa karena keterbatasan sarana dan prasarana pendukung," kata Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Babel wilayah III Kabupaten Bangka Barat, Sudarni di Muntok, Minggu.

Sekolah swasta itu belum memiliki peralatan pendukung untuk menggelar UNBK dan jaringan di wilayah itu juga belum cukup memadai sehingga pelaksanaannya menumpang di MTs Kelapa yang jaraknya tidak begitu jauh.

Persiapan secara keseluruhan untuk menggelar pelaksanaan UNBK tingkat SMA/MA yang akan digelar mulai Senin (1/4) sudah cukup matang dan diharapkan bisa berjalan lancar.

"Sebanyak 10 SMA dan empat MA di seluruh Kabupaten Bangka Barat sudah siap," katanya.

Selain kesiapan perlengkapan komputer, pihaknya bersama sekolah juga sudah menyiapkan teknisi dan petugas khusus yang akan mengontrol seluruh perangkat komputer yang ada di ruang ujian agar tidak terkendala.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Telkom dan PLN agar selama pelaksanaan UNBK jaringan internet berjalan lancar dan tidak ada pemadaman listrik," kata dia.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya listrik padam mendadak, pihak sekolah juga sudah menyediakan genset listrik berkapasitas besar yang siap digunakan.

"PT PLN cabang Muntok bahkan telah menyiapkan satu unit genset kapasitas cukup besar di SMA Negeri Muntok untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu listrik padam," katanya.

Ia berharap dengan berbagai persiapan yang dilakukan UNBK tingkat SMA/MA di Kabupaten Bangka Barat bisa berjalan lancar.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019