Kapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Brigjen Pol. Istiono mengatakan, pihaknya telah menyiapkan kurang lebih 2.940 personel polisi untuk mengamankan jalannya pemilu serentak 2019.

"Kurang lebih 2.940 personel polisi telah disiapkan untuk mengamankan pelaksanaan pemilu serentak 2019, agar berjalan aman, damai dan kondusif," katanya di Sungailiat, kemarin (2/4).

Menurutnya, ribuan personel Polri dari Polda Bangka Belitung diterjunkan bersama TNI guna memberikan rasa aman bagi masyarakat untuk menyampaikan hak pilihnya pada 17 April 2019.

"Kami bersama TNI menjamin pelaksanaan pemilu serentak 2019 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan berjalan aman sehingga tidak ada kekhawatiran masyarakat ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk menyampaikan hak pilihnya sesuai hati nuraninya," jelasnya.

Untuk memastikan pelaksanaan pemilu 2019 berjalan sesuai yang diharapkannya, kata dia, dirinya bersama dengan sejumlah perwira Polda Bangka Belitung bersama dengan personel polisi dari polres masing - masing telah mengunjungi sejumlah daerah seperti di Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Kota Pangkalpinang dan Kabupaten Bangka Tengah.

"Hasil kunjungan kerja di daerah itu, semuanya dinyatakan aman dan terbangun sinergitas cukup baik antara polisi dengan masyarakat termasuk dengan penyelenggara pemilu," jelasnya.

Kapolda menginstruksikan seluruh personel Bhabinkamtibmas atau anggota pengamanan TPS di wilayahnya, pada H - 15 harus sudah mendatangi TPS gunanya untuk memahami secara dini tentang karakteristik masyarakat setempat.

"Anggota pengamanan TPS harus terlebih dahulu mengenal tokoh-tokoh masyarakat, tokoh pemuda di lingkungan sekitar TPS termasuk harus mengenal rekan kerjanya saat melakukan pengamanan di TPS," jelasnya.

Menurutnya, Polri bersama dengan pemerintah dan penyelenggara pemilu mendorong masyarakat untuk berperan aktif mendukung dan menyukseskan jalannya pemilu dengan menyampaikan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 bagi yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019