Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus berupaya meningkatkan kesejahteraan nelayan kecil di daerah itu.

"Kami tidak bisa pungkiri kekayaan laut yang cukup melimpah berbanding terbalik dengan kondisi nelayan saat ini yang jauh dari kata sejahtera," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah akan menyiapkan regulasi yang tepat dan program strategis untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan kecil.

"Di antara upaya yang sudah kami lakukan dan kami konsisten menjalankannya yaitu menerbitkan kartu asuransi nelayan sebagai jaminan keselamatan bagi nelayan," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan sudah menciptakan beberapa program strategis untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Tidak hanya menyalurkan bantuan alat tangkap tetapi menjalankan program pro nelayan di antaranya adalah sistem informasi daerah potensial penangkapan ikan (sidolpin)," ujarnya.

Ia mengatakan, Sidolpin ini sangat efektif untuk meningkatkan hasil tangkap nelayan di daerah itu dengan menggunakan alat teknologi yang canggih.

"Nelayan harus bangkit, nelayan harus lepas dari jeratan kemiskinan karena mereka mampu untuk memperbaiki ekonomi mengingat melimpahnya sumber daya alam yang ada," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019