Kepolisian Resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pemeriksaan persiapan pasukan pengamanan Pemilu 2019.

Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto seusai melakukan pemeriksaan kesiapan pasukan pengamanan (pam) Pemilu 2019 di Sungailiat, Selasa mengatakan, seluruh kelengkapan kebutuhan pengamanan pemilu harus disiapkan oleh seluruh personel.

"Waktu pelaksanaan hari H Pemilu 2019 tinggal hitungan beberapa hari lagi, dan saya minta agar semua perbekalan yang dibutuhkan dalam pengamanan pemilu harus benar-benar lengkap, jangan sampai ada yang tertinggal pada saat menjalan tugas," kata kapolres.

Dalam pemeriksaan itu, kapolres memeriksa seluruh tas pasukan pengamanan pemilu dari masing - masing pasukan satuan sektor.
   

"Saya minta seluruh pasukan pengamanan agar jangan menunda waktu segera melengkapi kebutuhan yang akan di bawah, bila perlu hari ini juga dan langsung dimasukan kedalam tas," katanya.

Kapolres mengingatkan seluruh pasukan pengamanan pemilu baik Polri dan TNI agar memberikan jaminan keamanan sehingga masyarakat merasa aman menyampaikan hak pilihnya pada 17 April 2019 sebagai bentuk terlaksananya pesta demokrasi.

"Memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat pada saat pencoblosan merupakan tugas negara yang diberikan kepada Polri dan TNI," jelasnya.

Menurutnya, tugas negara ini harus siap dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

"Petugas pengamanan pemilu di masing - masing tempat pemungutan suara, agar memberikan laporan kondisi perkembangan di TPS kepada perwira kendali," ujarnya.

Kapolres mengatakan, tugas ini cukup berat yang harus dikerjakan karena mungkin ada dua personel pengamanan yang harus menjaga delapan TPS.

Dia memerintahkan seluruh petugas pengamanan pemilu agar segera mengenali TPS masing - masing termasuk mengenali seluruh petugas KPPS atau masyarakat sekitar.

"Jangan sampai terjadi petugas pengamanan baru kenal dengan KPPS di TPS pada saat hari pencoblosan," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019