Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pasar murah menjelang bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah untuk menstabilkan harga bahan kebutuhan pokok di daerah itu.

"Pasar murah ini kami gelar di beberapa titik yang tersebar di seluruh kabupaten untuk membantu warga mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dibanding harga pasar," kata Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag Babel, Mashun di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia menjelaskan operasi pasar sembako murah ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun menjelang dan memasuki Ramadhan karena harga sejumlah bahan kebutuhan pokok biasanya melonjak.

"Pasar murah ini kami lakukan untuk menekan harga bahan kebutuhan pokok di pasar yang cenderung naik menjelang bulan suci Ramadhan," ujarnya.

Pihaknya bekerja sama dengan sejumlah distributor sembako dalam melaksanakan operasi pasar murah tersebut dan juga berkoordinasi dengan dinas terkait di kabupaten/kota.

"Kami menggandeng beberapa distributor di daerah kegiatan pasar murah, misalnya di Belitung maka kami menggandeng distributor di kabupaten ini," ujarnya.

Beberapa bahan pangan yang tersedia seperti gula pasir dijual seharga Rp11.500 ribu per kilogram, minyak goreng Rp9.500 per liter, tepung terigu dijual seharga Rp7.000-Rp8.500 per kilogram, beras ukuran lima kilogram dijual mulai harga Rp56.000-Rp59.000, beras ukuran 10 kilogram dijual mulai harga Rp113.000-Rp 115.000, beras 18 kilogram dijual harga Rp 170.000-Rp 210.000.

"Pasar murah ini untuk membantu warga dalam mendapatkan aneka bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih terjangkau sehingga mampu menyediakan stok yang lebih banyak untuk persiapan Ramadhan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019