Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengharapkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di daerah itu ramah bagi penyandang disabilitas.

"Itu menjadi prioritas utama kami sehingga dalam pembuatan TPS kami selalu mengimbau untuk mempermudah akses bagi kaum difabel," kata Ketua KPU Belitung, Soni Kurniawan di Tanjung Pandan, Selasa.

Selain kenyamanan akses TPS bagi penyandang disabilitas, kata dia, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diharapkan dapat mendahulukan dan mengutamakan mereka dalam kegiatan pelaksanaan pemungutan suara nanti.

"Kami juga telah menyiapkan logistik alat bantu untuk difabel saat pencoblosan," ujarnya.

Dikatakannya, ada sebanyak 529 TPS di daerah itu yang tersebar di 49 Desa dan Kelurahan, menurutnya sejumlah TPS tersebut telah selesai didirikan oleh petugas KPPS di daerah itu.

Selain itu, KPU juga terus mengecek apakah ada terjadi perubahan lokasi TPS hingga menjelang hari pelaksanaan pemungutan suara Pemilu serentak 2019.

"Kami juga terus memantau bagaimana kesiapan proses pembangunan TPS dan apakah ada perubaha lokasi 529 TPS tersebut," kata dia.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019