Sebanyak 2.887 pelajar kelas 3 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang akan dilaksanakan pada 22-25 April 2019.

"Seluruh anak didik kita sudah siap melaksanakan UNBK yang akan dilaksanakan Senin ini," kata Kabid PSMP Disdikbud Bangka Selatan, Ardiansyah di Toboali, Minggu.

Ia mengatakan ada sebanyak 38 SMP yang tersebar di delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan dipastikan siap untuk melaksanakan UNBK.

"Jumlah sekolah yang ikut UNBK ada 38, yang menyelanggarakan mandiri sebanyak 23 sekolah, sedangkan 15 sekolah lainnya masih menumpang," katanya.

Menurut dia, kurikulum yang diterapkan yakni, 27 sekolah menerapkan kurikulum 2006 dan 11 sekolah menerapkan Kurikulum 2013. Untuk Jumlah calon pesertanya sebanyak 2.887 peserta dan terbanyak di Kecamatan Toboali yakni 1.112 calon peserta.

"Alhamdulillah segala persiapan yang kami butuhkan sudah siap, jadi tinggal pelaksanaannya saja," katanya.

Adapun jadwal mata pelajaran yang diujiankan antara lain, Bahasa Indonesia pada hari Senin (22/4/19), Matematika hari Selasa (23/4/19), Bahasa Inggris hari Rabu (24/4/19), dan IPA hari Kamis (25/4/19).

Plt Kepala Dindikbud Basel, Ramdani mengatakan tujuan dari pelaksanaan UNBK tersebut adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu.

"Meskipun UNBK ini bukan penentu kelulusan namun tujuannya adalah untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu kepada Standar Kompetensi Lulusan (SKL)," katanya.

Ia berharap pelaksanaan UNBK tersebut dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala listrik, signal maupun permasalahan teknis lainnya dan berharap agar peserta dapat meraih nilai maksimal dengan peran serta orang tua siswa dalam membimbing anak-anaknya saat berada diluar lingkungan sekolah.

"Kedepan kami akan usulkan kekurangan peralatan komputer untuk sekolah yang masih menumpang melaksanakan UNBK ini, agar pada tahun berikutnya seluruh sekolah di Basel siap melaksanakan UNBK secara mandiri, sehingga nantinya ketika ada kebijakan dari pemerintah pusat terkait kelulusan siswa ditentukan oleh UNBK, seluruh sekolah kita sudah siap," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019