22.261 siswa SMP/MTS se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada Senin (22/4) hingga Kamis (25/4) secara serentak, sebagai upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan di daerah itu.

"Alhamdulillah UNBK tahun ini untuk jenjang SMP/MTs sudah 100 persen dan berjalan dengan lancar," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel, M Soleh di Pangkalpinang,Senin.

Ia menambahkan SMP yang melaksanakan UNBK secara mandiri sebanyak 144 sekolah dan MTs sebanyak 27 sekolah tersebar di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka,Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung dan Belitung Timur.

"Jumlah total SMP yang melaksanakan UNBK sebanyak 209 sekolah dengan peserta 19.430 siswa dan MTs 27 sekolah dengan jumlah peserta 2.831 siswa," ujarnya.

Menurut dia pelaksanaan UNBK SMP/MTs sudah 100 persen. Meski masih ada sekolah yang menumpang di SMA/SMK/MA. Jumlah SMP yang menumpang melaksanakan UNBK sebanyak 65 sekolah dan 19 MTs.

"Alhamdulillah kita belum menerima laporan adanya ngangguan pelaksanaan UNBK hari pertama ini dan mudah-mudahan tetap berjalan lancar hingga hari terakhir ujian berbasis komputer ini," katanya.

Ia menambahkan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan UNBK tahun ini, pihaknya telah menyediakan 135 server utama dan berfungsi dengan baik.

Selain itu, pemerintah provinsi juga telah berkoordinasi dengan PLN untuk tidak mematikan listrik selama pelaksanaan UNBK.

"Kita juga memperkuat koordinasi dan jaringan dengan provider agar tidak ada gangguan jaringan internet selama pelaksanaan UNBK ini," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019