Koba (Antara Babel) - Dinas Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung menggelar penyeleksian Bujang Dayang 2014 untuk mencari talenta berbakat mempromosikan potensi pariwisata daerah.

"Seleksi Bujang Dayang 2014 digelar pada 9 hingga 11 Juni dan saat ini sudah diikuti sebanyak 75 peserta," kata Sekretaris Disparbudpora Bangka Tengah, Muhammad Yusuf di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, pemilihan Bujang Dayang Bangka Tengah merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun sebagai bagian pendukung untuk memajukan dunia kepariwisataan di daerah itu karena peserta memiliki talenta menggait dan mempromosikan pariwisata potensial.

"Setelah selesai seleksi maka akan dilanjutkan ke tahap final yang digelar di Hotel Greenville Pangkalpinangm, finalis yang berhasil keluar sebagai pemenang tentu dinobatkan sebagai Bujang Dayang Bangka Belitung," ujarnya.

Ia juga mengatakan, pemilihan Bujang Dayang ini juga bagian dari seleksi mencari talenta berbakat untuk ikut dalam ajang finalis Puteri Indonesi mewakili Bangka Belitung.

"Usia peserta tentu dibatasi yaitu minimal 15 tahun dan maksimal 25 tahun, kalau di atas 25 tahun tidak dibenarkan ikut karena bagian dari persyaratan," katanya.

"Dewan juri yang dilibatkan dalam seleksi Bujang Dayang Bangka Tengah yakni dari Disparbudpora, mantan finalis Bujang Dayang 2013 dan Wardah Kosmetik," ujarnya.

Ia menjelaskan, penyeleksian dilakukan beberapa tahap sehingga menyisakan sebanyak 10 peserta yang akan melaju dalam seleksi Bujang Dayang tingkat provinsi mewakili Bangka Tengah.

"Ada beberapa aspek penting yang menjadi penilaian dewan juri yaitu kemampuan menguasai bahasa asing diantaranya Bahasa Inggris, Jepang, dan Mandarin serta kemampuan berkomunikasi yang baik," jelasnya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014