Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga (Ditjen PKTN) meninjau gudang Bulog dan dua pasar modern, dalam rangka menetrasi pasar persiapan hari besar keagamaan di daerah itu.

"Sejauh ini kondisi ketersediaan pangan masih relatif aman," kata Tim Ditjen PKTN, Veri Anggriono Sutiarto, saat meninjau pasar modern bersama Tim Satgas Pangan Babel, di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan, selain ketersediaan pangan yang relatif aman, harga sejumlah bahan pangan yang dijual juga masih wajar. Meski demikian, distributor atau pengecer tidak melakukan penimbunan stok.

"Ketersediaan barang cukup, semua harus dijual dan jangan disimpan ya," ujarnya kepada pengelola pasar modern.

Selain melihat ketersediaan kebutuhan pangan, pihaknya juga mengingatkan agar pengelola pasar modern terus memperhatikan masa kadaluarsa produk dagangan.

"Tanggal kadaluarsa harus setiap saat dicek. Jika ada barang yang sudah mendekati masa kadaluarsa, harus segera diamankan dan jangan dijual," ujarnya.

Anggriono menambahkan, menjelang bulan Ramadhan dan Hari raya Idul Fitri, banyak terjadi pergerakan harga pasar. Selain itu produk parcel juga banyak dikeluarkan oleh pasar modern. Harga dan keamanan produk harus tetap diperhatikan.

"Selama bulan Ramadhan dan Hari raya jangan ada produk yang disimpan. Semua harus dijual dan di cek masa kadaluarsanya. Harga produk juga harus terjangkau," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019