Wakil Ketua DPRD Babel, Toni Purnama mengunjungi Rumah Sakit Kanker Dharmais, untuk menjajaki kerjasama program "sister hospital", sebagai solusi penanganan penyakit kanker untuk masyarakat Bangka Belitung.

"Dari pertemuan ini kita harap ada kerjasama rujukan untuk penanganan pasien penderita kanker," kata Toni Purnama, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, untuk memulai kerjasama ini, DPRD Babel akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna menyiapkan data persentase penderita kanker di daerah.

"Kami akan segera tindaklanjuti dan diskusikan ini dengam Gubernur Babel terkait kerjasama ini," ujarnya.

Direktur utama Rumah Sakit Kanker Dharmais, Abdul Kadir mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi rencana kerjasama ini, karena pemerintah konsen dengan strategi pendekatan pusat layanan masyarakat untuk memprioritaskan agar pasien kanker bisa tertolong.

Rs.Kanker Dharmais dapat membantu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan melakukan edukasi dan penyuluhan melalui capacity building untuk perawat dan pelatihan bagi para apoteker dan asisten apoteker, terkait pencampuran obat kanker.

"Kami juga dapat membantu mengirimkan dokter onkologi ke RSUP Babel, guna melakukan operasi kanker, dan perawatan pascanya tetap bisa dilakukan oleh para dokter di Babel," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019