Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan membangun gudang tempat pendingin dan penyimpanan ikan hasil tangkapan nelayan (cold storage) di Desa Batu Beriga, Kecamatan Lubuk Besar.

"Dalam waktu dekat akan kami bangun 'cold storage' di Desa Batu Beriga, untuk menjaga kualitas ikan para nelayan di daerah ini," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, sebelumnya Pemkab Bangka Tengah sudah berhasil membangun "cold storage" di Desa Kurau karena rata-rata masyarakat bekerja sebagai nelayan.

"Sangat besar manfaat cold storage ini bagi para nelayan, selain menjaga ikan tetap segar juga bagian upaya menjaga kualitas dan stabilitas harga," ujarnya.

Ia mengatakan, cold storage sangat layak dibangun di Desa Batu Beriga karena rata-rata masyarakat bekerja sebagai nelayan.

"Ini fasilitas yang kami sediakan untuk para nelayan dengan harapan mampu mendongkrak produksi ikan, menjaga kualitas dan stabilitas harga yang pada akhirnya nanti mampu meningkatkan kesejahteraan," ujarnya.

Ia mengatakan, cold storage itu akan sangat dirasakan manfaatnya disaat hasil tangkapan melimpah sementara harga ikan cenderung murah.

"Maka para nelayan untuk sementara bisa menyimpan ikan di cold storage, kualitas terjamin, ikan masih segar dan kapanpun bisa diepas ke pasaran saat harga sudah mulai stabil," demikian Ibnu Saleh.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019