Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) membahas rencana tata ruang bangunan dan lingkungan (RTBL) bersama Pemerintah Kabupaten Bangka Barat dan Pemerintah Kota Pangkalpinang.

"Disini kita juga membahas penataan rumah-rumah warga yang berada di tepi sungai," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, dalam penanganannya, untuk kota Pangkalpinang masih terkendala pembebasan lahan, sedangkan Kabupaten Bangka Barat sedang dalam proses kegiatan.

"Untuk menindaklanjuti hal ini kita menyusun RTBL nya, terutama lokasi rumah warga yang berada disamping sungai. Bagaimana penataannya, kita panggil kabupaten/kota bersama Satker APBN," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penataan Ruang dan Permukiman Babel, Rakhmadi mengatakan, rencana tata ruang bangunan dan lingkungan akan fokus pada wilayah Kabupaten Bangka Barat dan Kota Pangkalpinang.

Hal ini dikarenakan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ingin ada kemajuan yang berkaitan dengan pengelolaan RTBL, dimana RTBL nanti dapat terbangun dengan baik.

"Provinsi dan kabupaten/kota harus sama pemikirannya. Prospek kedepannya bagaimana, misalnya Pangkalpinang menjadi ikon Ibukota, provinsi pada klaster melayunya dan kabupaten klaster chinanya," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019