Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan sidak pasar guna mengecek ketersediaan dan harga bahan kebutuhan pokok di daerah itu jelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Ketersediaan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehingga kami tidak khawatir akan terjadinya inflasi yang tinggi," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh, di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, stok bahan kebutuhan pokok di daerah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada hari raya Idul Fitri 1440 Hijiriah seperti beras, gula, bumbu dapur bahkan sayuran.

"Kami terus menjaga agar tidak terjadinya kelangkaan sehingga jauh hari sudah kami lakukan peninjauan," ujarnya.

Selain itu, kata dia, pemerintah terus mengantisipasi terjadinya kenaikan harga pada beberapa komoditi yang seringkali mengalami gejolak seperti daging sapi dan ayam.

"Antisipasinya kami akan melihat beberapa stok yang telah disiapkan oleh pihak lain seperti Bulog. Sehingga menjelang tiga hari lebaran jika ada kenaikan harga maka stok tersebut akan diturunkan," katanya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat di daerah itu agar bijak dalam berbelanja pada saat menjelang hari raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Menjelang lebaran berbelanja sudah seperti menjadi tradisi dan budaya maka saya harapkan jangan berlebihan," ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Belitung, AKBP Yudhis Wibisana mengatakan, satgas pangan Polres Belitung akan terus melakukan pengawasan terhadap harga kebutuhan pokok di pasar.

"Harga - harga tetap kami awasi pedagang ada yang memainkan harga kami akan coba berikan sanksi dan juga tindakan tertentu," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019