Kabag Kesra Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rahmani mengatakan diperkirakan 100 lebih organisasi di daerahnya akan mengikuti takbir kelilig malam lebaran.

"Diperkirakan pada malam lebaran 1440 Hijriah, takbir keliling akan diikuti oleh 100 lebih organisasi," katanya di Sungailiat, Senin.

Dikatakan, organisasi tersebut berasal dari dari forum organisasi perangkat daerah (forkopimda) dan unsur muspida termasuk dari organisasi masjid di Kabupaten Bangka.

Menurutnya, takbir keliling malam lebaran menjadi kegiatan rutin yang setiap tahunnya diselenggarakan yang mulai dari masjid Agung keliling sekitar kota Sungailiat dan berakhir di Masjid Agung juga.

"Dijadwalkan malam takbir dilaksanakan pada Selasa tanggal 4 Juni 2019 atau menunggu keputusan resmi dari Kementerian Agama, mengenai ketetapan malam Idul Fitri 1440 Hijriah," jelasnya.

Dia mengimbau seluruh calon peserta yang minat ikut takbir keliling, hendaknya dapat mematuhi ketetapan ketentuan seperti dilarang mengemudikan kendaraan dengan kebut-kebutan.

"Peserta yang berminat ikut keliling kota takbir keliling lebaran, tidak diperbolehkan mengendarai kendaraan dengan kebut-kebutan, harus santun karena sambil mengumandangkan takbir dengan saling bersahutan," katanya.

Untuk memberikan kenyamanan dan kelancaraan takbir keliling, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian maupun pihat satuan polisi pamong praja untuk membantu pengamanan di jalan.

Takbir keliling malam Idul Fitri rencananya di lepas langsung oleh Bupati Bangka, Mulkan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019