Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Justiar Noer mengatakan reformasi adalah dasar penyelenggaraan pemerintah yang baik.

"Reformasi birokrasi sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintah terutama untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, akuntabel, efektif dan efisien serta mampu memberikan pelayanan publik yang semakin baik dari waktu ke waktu," kata dia di Toboali, Senin.

Menurut dia, di era digital atau industri 4.0 pelaksanaan reformasi birokrasi dituntut untuk selalu berinovasi dalam setiap aspek penyelenggaraan pemerintahan, yang tertuang dalam delapan (8) komponen pengungkit reformasi birokrasi.

Delapan komponen pengungkit reformasi yaitu manajemen perubahan, penataan peraturan perundang-undangan, penataan dan penguatan organisasi, penataan sistem managemen SDM.

Selain itu, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan, dan peningkatan kualitas pelayanan publik juga termasuk delapan komponen pengungkit reformasi.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu tim atensi Menpan RB dan Pemprov Babel telah melaksanakan pembinaan reformasi birokrasi di Bangka Selatan.

"Untuk itu saya berharap melalui kegiatan tersebut menjadi bekal untuk melaksanakan reformasi secara berkelanjutan di Bangka Selatan," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019