Sebanyak 225 tenaga pendidik anak usia dini (PAUD) mengikuti workshop steam dan loose parts, guna meningkatkan kompetensi dan kemampuannya dalam proses pembelajaran melalui metode steam dan loose parts.

"Ini upaya kita meningkatkan kompetensi dan kemampuan para tenaga pendidik PAUD di Babel," kata Ketua Himpaudi Babel, Jamilah di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan, workshop steam dam loose parts diisi langsung oleh Bunda Yulia Juhana yang sudah pakar dibidangnya. Di beberapa negara dan provinsi lainnya sudah menerapkan metode pembelajaran ini, sehingga di Babel juga para pendidik harus fokus menerapkan metode yang sama.

"Disini kita akan mengetahui bagaimana pembelajaran melalui steam dan loose parts agar selanjutnya bisa diterapkan ke peserta didik di lembaga masing-masing," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Babel, M.Soleh mengatakan, proses pembelajaran dengan metode steam dan loose Parts mengedukasi anak untuk lebih kreatif dan inovatif.

Steam adalah kepanjangan dari sains, engineering, art dan match. Sedangkan loose parts adalah permainan model yang menuntut anak untuk lebih kreatif dan inovatif.

Di metode ini anak-anak bebas berkarya menunjukkan kreatifitasnya dan berinovasi hingga berimajinasi sehingga anak tersebut dapat memecahkan suatu permasalahan.

"Sebelum digelar workshop, metode ini sudah diterapkan di semua lembaga PAUD, namun para pendidik hanya tidak fokus saja sehingga belum terkelola dengan baik," ujarnya.

Soleh berharap melalui workshop ini para pendidik dapat menerapkan metode steam dan loose parts di lembaga masing-masing agar anak-anak usia dini tumbuh lebih kreatif, inovatif dan cerdas.

"Kita tidak pernah berhenti meningkatkan kompetensi para pendidik PAUD. Semoga materi di workshop ini diimplementasikan di lembaga masing-masing," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019