Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengoptimalkan peran Tempat Pembuangan Sampah Bergerak (TPS) di daerah itu guna menghindari perilaku membuang sampah di sembarangan tempat.

"TPS bergerak saat ini kami tempatkan di setiap tujuh Kelurahan," kata Kepala DLH Kabupaten Belitung, Edi Usdianto, di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, pihaknya telah menempatkan sebanyak tujuh TPS bergerak di setiap Kelurahan di daerah itu. DLH juga menempatkan TPS bergerak tersebut di beberapa posko satgas Laskar Bersih dari Sampah (Lebah).

"Kami berharap masyarakat bisa taati aturan kemudian ikuti ketentuan yang ada," ujarnya.

Ia mengatakan, saat ini memang masih ada beberapa masyarakat yang belum membaca pengumuman yang dipasang mengenai jadwal pembuangan sampah di TPS bergerak.

"Mereka masih ada yang membuangnya di luar jam ketentuan operasional TPS bergerak tersebut," kata dia.

Oleh karena itu, ia berharap masyarakat dapat melakukan pembuangan sampah di TPS tersebut sesuai ketentuan jam beroperasinya.

"Mari kita sama-sama menjaga kebersihan lingkungan dari sampah terlebih saat ini kita akan kedatangan tim assesor dari Unesco Global Geopark," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019