Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Markus berpesan kepada jamaah calon haji dari daerah itu untuk selalu menjaga kesehatan dan kekompakan selama di Tanah Suci agar mampu menjalankan ibadah haji dengan lancar.

"Terapkan pengetahuan yang telah diberikan selama persiapan agar bisa menjalankan seluruh rangkaian ibadah dengan baik, mudah-mudahan dapat menjadi pribadi yang lebih baik sebagai representasi haji yang mabrur dan mabruroh," kata Bupati Markus di Mentok, Selasa.

Jamaah selama di Arab Saudi juga dituntut selalu peka terhadap situasi dan kondisi di lapangan serta mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji sesuai dengan tuntunan yang dipelajari saat pelatihan manasik.

Markus mengajak para calon haji untuk menghormati budaya dan peraturan yang berlaku di negara tersebut serta menjauhi berbagai hal yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

"Laksanakan ibadah secara tertib, teratur dan fokus dengan menaati setiap aturan dan jadwal yang telah ditetapkan panitia, ikuti petunjuk dan panduan yang telah diberikan sebagai pedoman," katanya.

Markus berharap dalam pelaksanaan Ibadah Haji ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat kembali ke Tanah Air dengan selamat.

Hal ini dikatakan Markus pada kegiatan walimatus safar atau acara pelepasan jamaah calon haji yang digelar Pemkab Bangka Barat di rumah dinas bupati diikuti sebanyak 185 orang calon haji bersama keluarga dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bangka Barat serta pejabat Forkompimda.

Pada tahun ini, jumlah calon haji Bangka Barat sebanyak 185 orang yang berasal dari enam kecamatan, yaitu Kecamatan Mentok sebanyak 39 orang, Simpangteritip 25 orang, Jebus 13 orang, Parittiga 20 orang, Kelapa 45 orang dan dari Kecamatan Tempilang 42 orang.

Jamaah calon haji Kabupaten Bangka Barat dibagi dua kloter yaitu kloter 8 akan berangkat dari Palembang ke Madinah pada Minggu (14/7) dan kloter 9 berangkat sehari kemudian. ***3***

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019