Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta calon jamaah haji untuk memperbanyak minum air mineral menjelang dan selama menunaikan ibadah haji, karena kondisi cuaca panas di Tanah Suci Mekkah cukup ekstrim.

"Kita menyarankan calhaj untuk selalu menjaga kebugaran tubuh dan memperbanyak minum air putih," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan memperbanyak minum air putih ini cukup penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan mencegah dehidrasi yang akan mengganggu kesehatan jamaah.



"Suhu di Arab Saudi tinggi, karena sudah memasuki musim panas, sehingga dapat mengakibatkan jamaah mengalami kekurangan cairan," ujarnya.

Oleh karena itu, kata dia, tim dokter akan selalu mendampingi dan mengingatkan jamaah calon haji untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran selama menjalankan ibadah di Mekkah dan Madinah.

"Kita sudah mendata calon jamaah calon haji yang rentan mengalami gangguan kesehatan di saat menjalankan ibadah nantinya," katanya.



Kasi Akomodasi, Transportasi dan Kelengkapan Haji Kanwil Kemenag Provinsi Kepulauan Babel, Deni Sandra mengatakan, anjuran memperbanyak minum air ini sesuai arahan Kementerian Agama, karena suhu udara di Tanah Suci yang tinggi.

"Kita mengarahkan calhaj untuk memperbanyak minum air putih dan mengkonsumsi buah-buahan," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019