Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membantu para petani untuk melakukan peremajaan tanaman sawit yang tidak produktif karena sudah berusia tua.

"Kami akan melakukan inventarisasi areal kebun sawit petani, kalau usia sawitnya sudah tua maka pemerintah membantu melakukan peremajaan," ujarnya di Bangka Tengah, Jumat.

Ia menjelaskan, program peremajaan sawit petani dalam rangka meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat di daerah itu. "Kalau usia sawit sudah tua tentu produksinya turun drastis, sementara biaya perawatan tinggi sehingga merugikan para petani," ujarnya.

Peremajaan merupakan salah satu upaya untuk mengembalikan produktivitas lahan perkebunan sawit warga di daerah itu. "Tentu saja para petani sawit akan terbantu dengan program peremajaan ini karena membutuhkan biaya cukup besar untuk menggarap lahan dan penyediaan bibit," ujarnya.

Ia menjelaskan, perkebunan kelapa sawit menjadi sektor unggulan bagi petani di daerah itu selain komoditas lada dan pertambangan bijih timah. "Jumlah lahan kelapa sawit warga yang sudah berumur tua di daerah ini cukup banyak, terutama mereka yang mulai menanam sebelum pembentukan kabupaten," katanya.*

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019