Kepolisian sektor Merawang, Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan upaya pencegahan dini penyalahgunaan narkoba pada kelompok generasi muda.

Kapolres Bangka, AKBP M. Budi Ariyanto melalui Kapolsek Merawang, IPTU Yudha Prakoso melalui pesan singkatnya, Selasa mengatakan pencegahan dini penyalahgunaan narkoba pada kelompok generasi muda merupakan langkah strategis untuk meminimalisir pelanggaran penyalahgunaan narkotika dan zat berbahaya lainnya.

"Kami sudah memulainya melalui lembaga formal pada sekolah tingkat menengah sederajat saat kegiatan orientasi lingkungan sekolah," katanya.

Meskipun waktu terbatas kata dia, peserta didik yang tergabung dalam rombongan belajar mendapat materi pemahaman ancaman bahaya narkoba bagi generasi penerus bangsa.

Dia mengatakan, angka pelanggaran pada kasus itu relatif kecil di wilayah hukum Merawang namun tetap harus dilakukan pencegahan dengan cara kerja padu seluruh lapisan masyarakat.

"Saya optimis, pelanggaran penyalahgunaan narkotika dapat dicegah jika sejak dini sudah dibekali pemahaman dampak ancaman bahaya narkoba," ujarnya.

Menurutnya, komitmen bersama oleh semua unsur dari mulai tingkat desa, kecamatan sampai pada jenjang diatas berikutnya, menjadi modal strategi penting dalam upaya pecegahan narkotika.

Dikatakan, pihaknya akan membangun koordinasi dengan lembaga BNN daerah setempat untuk memperkuat singkronisasi dalam pencegahan dan penangannya sesuai tugas dan fungsinya.

Letak geografis Kecamatan Merawang berada tepat di wilayah transit yang menghubungkan Kota Sungailiat Kabupaten Bangka menuju pusat Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019