Pemerintah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan membentuk badan kerja sama koperasi guna menguatkan kembali peran koperasi di masyarakat saat ini.

"Nantinya, (badan kerja sama ini) fokus pada sektor pertanian dan perikanan. Bagaimana mengelola dan mengoptimalkan hasil perkebunan dan perikanan," kata Kepala Bidang Koperasi dan UKM Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung Mula Samosir di Tanjung Pandan, Babel, Selasa.

Ia mengatakan, melalui pembentukan badan kerja sama koperasi tersebut maka pengelolaan hasil perkebunan dan perikanan akan lebih optimal, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh para petani dan nelayan.

Dalam badan kerja sama koperasi tersebut nantinya akan terhimpun beberapa koperasi yang bergerak dalam sektor yang berbeda-beda.

"Salah satu program kami tahun ini adalah bagaimana meningkatkan harga jual lada, sehingga pengembangan usaha lada dapat dilakukan," katanya.

Menurut dia, saat ini sejumlah koperasi di daerah itu bergerak dalam beberapa sektor, diantaranya sektor pariwisata, perkebunan dan pertanian.

Disampaikannya, beberapa koperasi di daerah juga terus berbenah dan berkembang, seperti koperasi Kacang Butor yang bergerak di bidang perkebunan kini terus maju berkembang.

"Koperasi Kacang Butor tersebut terus mencari partner untuk mengekspor lada," ujar dia.

Ia terus mendorong koperasi di daerah itu menerapkan sistem ekonomi digital guna menyesuaikan perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Terus kami dorong untuk peningkatan sumber daya manusia sehingga mereka bisa masuk ke era ekonomi digital," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019