Kepala Bappeda Litbang Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agung Yubi Utama mengatakan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di pemerintah kota itu harus menyediakan ruang bagi ibu menyusui dan ruang bermain anak untuk mendukung meningkatkan gerakan masyarakat hidup sehat.

"Seharusnya seluruh OPD memiliki dua tempat itu, karena ada pegawai yang miliki bayi dan tempat itu bisa digunakan untuk melakukan pompa ASI," katanya di Pangkalpinang, Senin.

Saat ini, yang baru memiliki ruang ibu menyusui dan bermain anak ada di Bada Kepegawaian Daerah, Disdukcapil dan kantor Kecamatan Girimaya.

"Seharusnya yang menjadi contoh adalah Dinas Kesehatan, namun juga harus didukung oleh OPD lainnya. Karena gerakan masyarakat hidup sehat tidak hanya menjadi tugas dinas kesehatan, tapi juga harus dilakukan seluruh OPD," ujarnya.

Menurutnya penyediaan ruang ibu menyusui dan ruang bermain anak termasuk salah satu item dalam mendukung program gerakan masyarakat hidup sehat yang sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 11 Tahun 2017.

"Untuk itu diharapkan semua OPD yang ada di Pemkot Pangkalpinang bisa mencontoh seperti yang ada di BKD maupun Disdukcapil, karena tempat itu juga untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019