Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan melakukan penandatanganan kesepakatan kerjasama dengan Pemkab Ogan Komring Ilir guna melakukan percepatan pembangunan daerah masing masing.

Bupati Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Justiar Noer di Toboali, Jum'at mengatakan seiring dengan munculnya isu pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Bangka dengan Pulau Sumatera, tepatnya di Desa Sebagin, Kecamatan Simpangrimba, Basel dengan Kabupaten OKI. Perlu perencanaan pembangunan yang berorientasi jangka panjang.

"Seperti KISS dan minapolitan di bagian timur, agropolitan dan kawasan perkotaan baru di bagian barat. Yang merupakan potensi untuk dapat dikembangkan kerjasama dengan Pemkab OKI. Sebagai implementasi perjanjian kerjasama yang akan dilakukan ini, diharapkan adanya percepatan pembangunan Baik di Basel dan OKI," katanya.

Menurut dia melalui kerjasama, baik antar pemda, swasta, maupun kerjasama dengan lembaga atau instansi lainnya diharapkan memberikan dampak terhadap pembangunan di Basel.

"Yang jelas melalui kerjasama yang terjalin, Baik di bidang SDM, infrastruktur, maupun lainnya, kami berharap dapat memberikan  dampak terhadap ekonomi masyarakat Basel," ujarnya.

Wakil Bupati Ogan Komring Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan, Djakfar Shodiq mengatakan ada empat bidang yang telah disepakati dalam perjanjian kerjasama antara OKI dan Pemkab Basel, yang dimana isi dari perjanjian tersebut bertujuan untuk memberikan efek peningkatan kesejahteraan masyarakat masing masing daerah.

"Kesepakatan kerjasama hari ini meliputi empat bidang, yakni Pelayanan Administrasi Kependudukan, Perhubungan, Pariwisata dan Pangan serta Perikanan," katanya.

Ia mengatakan melalui kerjasama ini diharapkan dapat membawa manfaat dan kebaikan bagi kedua daerah.

"Apa yang kami sepakati ini adalah langkah monumental dalam membangun kerjasama dan saling menguatkan dengan tujuan hasilnya peningkatan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat," katanya.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019