Bangka Barat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menyerahkan bantuan untuk pembangunan Masjid Nurul Falah di Desa Sinar Surya, Kecamatan Tempilang sebagai upaya memotivasi masyarakat setempat dalam meningkatkan keimanannya.

"Bantuan pembangunan masjid sebesar Rp20 juta kami serahkan bersamaan dengan kegiatan safari ramadhan hari ini di Masjid Nurul Falah Tempilang," ujar Kepala Subbag Agama pada Bagian Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bangka Barat, Agus Sunawan di Muntok, Rabu.

Ia menjelaskan, bantuan sosial untuk pembangunan masjid tersebut diambil dari APBD Kabupaten dan disalurkan secara rutin setiap tahunnya kepada kelompok masyarakat yang mengajukan proposal permohonan bantuan.

"Jadi bantuan ini sudah melalui verifikasi yang disesuaikan kebutuhan dan ketersediaan anggaran yang ada di kas daerah. Kami harapkan ini bisa memotivasi masyarakat untuk semakin bersemangat mendalami nilai-nilai ajaran agama," kata dia.

Ia menambahkan, pada kesempatan itu pemkab juga menyalurkan bantuan berupa jam dinding digital, hiasan dinding berbentuk kaligrafi kepada pengurus masjid yang nantinya hiasan itu akan ditempel di masjid setempat.

Selain itu, kata dia, pemkab juga menyalurkan bantuan biaya pendidikan untuk 15 orang kurang mampu di desa setempat, masing-masing mendapatkan bantuan sebesar Rp200.000.

"Kami juga salurkan bantuan sebanyak 20 paket berisi alat-alat pendidikan kepada 20 pelajar di desa setempat," kata dia.

Dia mengatakan, pada safari ramadhan tahun ini pemkab akan megunjungi sebanyak 13 masjid yang berada di seluruh enam kecamatan di daerah itu, selain menggelar di rumah dinas bupati, wakil bupati dan rumah dinas sekretaris daerah setempat.

Menurutnya, dana bantuan sosial atau hibah yang akan disalurkan di 13 masjid dan masyarakat di sekitarnya tersebut besarannya bervariatif yang disesuaikan dengan ajuan proposal masing-masing dan total kebutuhan serta ketersediaan anggaran yang dimiliki pemkab setempat.

"Kami harapkan bantuan ini bisa memotivasi masyarakat dalam memakmurkan masjid sekaligus sebagai upaya mendukung terwujudnya masyarakat Bangka Barat yang mandiri dan sejahtera," katanya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014