Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar lomba masak berbahan dasar ikan guna meningkatkan keterampilan masyarakat dalam membuat menu makanan sehat dan bergizi.

"Kami berharap melalui lomba tersebut masyarakat semakin gemar makan ikan guna membentuk generasi cerdas dan tangguh," kata Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Rozali di Mentok, Rabu.

Tujuan kegiatan rutin Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Bangka Barat tersebut untuk meningkatkan keterampilan memasak para peserta sekaligus meningkatkan penganekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat.

"Kegiatan ini juga sebagai sarana menyebarluaskan informasi tentang ikan dan olahan masakan berbahan baku ikan," katanya.

Menurut dia, masyarakat perlu terus meningkatkan konsumsi ikan karena ikan mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh untuk perkembangan otak dan fisik.

"Konsumsi ikan perlu terus ditingkatkan, gizi yang terkandung dalam ikan lebih tinggi bila dibandingkan bahan makanan lainnya," ujarnya.

Berbagai macam menu masakan berbahan dasar ikan ditampilkan dalam kegiatan lomba masak serba ikan yang diikuti 10 kelompok perwakilan dari kecamatan se-Kabupaten Bangka Barat.

Aspek yang dinilai, antara lain cita rasa, kreativitas, inovasi, kebersihan, keamanan kesehatan dan penyajian di atas meja.

"Kami berharap kegiatan ini bermanfaat untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019