Uji coba "Car Free Day" atau hari bebas kendaraan di halaman Bhay Park Polda Babel dan sekitarnya yang dilaksanakan oleh Ditlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung menyuguhkan berbagai kegiatan yang diikuti ribuan masyarakat.

"Pada uji coba ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan seperti senam bersama yang diikuti seluruh personel Polda Babel dan keluarga, instansi terkait beserta masyarakat. Kemudian dilanjutkan joging menggunakan area Bhay Park dan seputaran jalan CFD," kata Dirlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Agus Fatchulloh di Pangkalpinang, Minggu.

Pada uji coba itu, Ditlantas juga menyediakan fasilitas layanan untuk masyarakat, seperti cek kesehatan gratis, donor darah, pelayanan Samsat keliling, pelayanan SIM keliling, safety riding, olahraga tradisional berupa Egrang dan Bakiak.

Selain itu fasilitas yang disediakan yaitu, futsal ceria, pentas musik akustik, komunitas pencinta reptil, perfom cosplay berbagai super hero, badut Ditlantas, badut Jasa Raharja dan komunitas skeat board.

Adapun manfaat yang dicapai pada kegiatan uji coba hari bebas kendaraan ini, yaitu menciptakan ruang publik baru yang dapat dimanfaatkan masyarakat terutama untuk kegiatan olahraga.

Selanjutnya dapat mengurangi polusi Udara yang diakibatkan asap kendaraan bermotor, penyampaian pesan-pesan kamtibmas dan kamseltibcarlantas kepada masyarakat di lokasi hari bebas kendaraan.

Selain itu kata Dia, uji coba ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mengutamakan kesehatan dengan berolahraga, memperkenalkan profesi dan tugas Polri kepada generasi muda, sehingga jika kelak dewasa akan mencintai dan dapat membantu tugas Polri.

"Pada kegiatan ini kami juga menggelorakan pelopor keselamatan berlalu lintas dan menumbuhkan budaya tertib berlalu lintas, merangkul komunitas-komunitas untuk berkumpul dan mengekspresikan kegiatan positif mereka kepada Masyarakat," ujar Agus.

Pada kegiatan uji coba hari bebas kendaraan tersebut, Ditlantas juga menyelenggarakan bagi-bagi hadiah kepada masyarakat berupa lima sepeda gunung, lima buah helm, lima unit telepon genggam dan hadiah hiburan lainnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019