Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan sebanyak 1.230 hewan kurban yang bisa dipotong pada Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah.

"Kami mencatat ada sebanyak 1.230 hewan kurban yang tersedia di beberapa peternak dan semuanya layak dipotong saat Hari Raya Idul Adha," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah, Rusli Khaidir di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, sebanyak 1.230 hewan kurban itu terdiri dari 630 ekor sapi dan 600 ekor kambing yang tersedia di beberapa tempat di daerah itu.

"Pengawasan terhadap hewan kurban yang dijual masyarakat terus kami lakukan, untuk memastikan hewan yang sehat dan aman dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Ia menjelaskan, hewan kurban yang beredar rata-rata didatangkan dari Madura, Jawa Timur dan Lampung terutama hewan sapi.

"Untuk jenisnya, kebanyakan sapi madura dan limosin. Sementara hewan kambing kebanyakan berasal dari Lampung dengan jenis kambing kacang, peranakan etawa dan kambing bur," ujarnya.

Rusli Khaidir mengatakan, kemungkinan jumlah hewan kurban yang beredar di masyarakat akan terus bertambah mengingat tingginya permintaan.

"Kemungkinan para peternak dan penjual hewan kurban akan terus menambah stok mengingat permintaan masyarakat cukup tinggi, tidak hanya dari dalam tapi juga dari luar kabupaten," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019