Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau masyarakat di daerah itu memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) ke-74 guna memupuk semangat dan rasa cinta terhadap tanah air.

"Kami mengajak dan mengimbau kepada masyarakat untuk memeriahkan HUT RI ke-74 dengan khidmat penuh keceriaan dan kegembiraan," kata Sekretaris Badan Kesbangpol Belitung, Ramansyah di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, peringatan hari kemerdekaan adalah tonggak sejarah bagi kemajuan bangsa Indonesia agar lebih baik ke depannya sehingga harus dimaknai dengan sebaik mungkin oleh lintas genersi.

Ia mengemukakan, perayaan ini dimaksudkan agar semangat nasionalisme dan kebangsaan di lingkungan masyarakat tidak memudar seiring terjadinya perubahan waktu dan zaman.

"Masyarakat bisa merayakan dengan sederhana di lingkungan RT/RW dengan lebih semarak dihiasi dengan memasang bendera merah putih yang menunjukkan rasa kebangsaan dan cinta tanah air," jelasnya.

Selain itu, tambah dia generasi muda juga diharapkan memaknai hari kemerdekaan dengan terus mengobarkan semangat juang dalam rangka menghargai dan menghormati jasa para pahlawan.

"Mereka bisa mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif seperti belajar dan taat kepada guru maupun orang tua," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019