Bupati Bangka Selatan Justiar Noer mengharapkan rumah sakit yang ada di daerah itu menjadi tempat lebih ramah untuk kalangan anak.

"Kami mengharapkan rumah sakit di daerah ini menjadi tempat yang lebih ramah anak, dengan menyediakan berbagai fasilitas pendukung," ujarnya di Toboali, Provinsi Bangka Belitung, Rabu (14/8).

Ia mengatakan, ketika anak berobat atau rawat inap ke rumah sakit atau pusat pelayanan kesehatan lainnya maka ada sarana bermain dan ruang khusus anak.

"Rumah sakit berkewajiban menyediakan sarana dan prasarana umum yang layak antara lain sarana ibadah, parkir, ruang tunggu, sarana untuk orang cacat, wanita menyusui, anak-anak lanjut usia," ujarnya.

Bupati juga mengatakan, memenuhi hak anak menjadikan tanggung jawab bersama sehingga tercipta generasi muda yang berkualitas.

"Kita harus bisa menumbuhkan kepedulian, kesadaran dan peran aktif individu, keluarga, media, pemerintah dan negara dalam menciptakan lingkungan yang berkualitas untuk anak" katanya.

Pemerintah daerah, kata dia, akan terus menjadikan daerah itu sebagai kabupaten layak anak.

"Artinya hak anak dipenuhi, dilindungi dari korban kekerasan terhadap anak karena mereka merupakan generasi emas," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019