Direktur Utama PT Timah Tbk, Mochtar Riza Pahlevi Tabrani mengatakan Program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) merupakan bagian bkhati Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada negara dalam memfasilitasi siswa-siswi kurang mampu berprestasi mengenal kebinekaragaman kebudayaan bangsa ini.

"Program ini merupakan bhakti dari masing-masing BUMN di masing-masing wilayah operasionalnya," kata Mochtar Riza Pahlevi Tabrani usai pembukaan Program Siswa Mengenal Nusantara BUMN Hadir Untuk Negeri 2019 di Pangkalpinang, Kamis.

Menurut dia program SMN ini merupakan salah satu bentuk dukungan BUMN untuk memfasilitasi siswa-siswi untuk lebih mengenal lebih jauh keindahan alam, kebinekaragaman seni budaya, adat istiadat, bahasa dan kuliner di nusantara ini.

"Saya sendiri sudah mengalami hal itu berkunjung ke berbagai daerah, misalnya Nusa Tenggara, Maluku dan daerah lainnya, bahwa Indonesia itu indah, beragam dan damai," katanya.

Ia mengatakan pada tahun ini, PT Timah Tbk sebagai PIC serta PT Surveyor Indonesia dan LKBN Antara sebagai co-PIC secara maraton bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel menjaring 23 peserta siswa SLTA sederajat untuk mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara ke Sulawesi Tenggara.

"Setiap provinsi akan ada BUMN untuk menjadi koordinator SMN, agar para siswa bisa mengenal, melihat dan sisi daerah lain di Indonesia lebih dekat lagi," katanya.

Misalnya, tahun ini siswa dari Bangka Belitung akan berkunjung ke Sulawesi Tenggara dan sebaliknya dari Sultra berkunjung ke Babel untuk melihat langsung keberagaman budaya, adat, bahasa dan lainnya.

"Dengan adanya kegiatan ini, para generasi bangsa ini akan mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya, indah dan beragam," katanya.

Pj Sekda Pemprov Babel Yulizar mengapresiasi dan berterima kasih kepada BUMN yang memotori SMN, karena dapat meningkatkan pengetahuan, seni budaya, kuliner nusantara ini.

"Kami menyampaikan terima kasih Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, karena kegiatan ini tidak hanya menambah pengetahuan para siswa, tetapi juga dapat mempromosikan pariwisata Babel ke daerah lainnya," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019