Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan mengukuhkan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Provinsi Kepulauan Babel, yang akan bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada peringatan HUT Ke-74 Republik Indonesia (RI) di daerah itu.

"Pengukuhan Paskibraka oleh Gubernur Kepulauan Babel merupakan rangkaian persiapan kegiatan 17 Agustus 2019," kata Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda Dinas Kepemudaan dan Olahraga Babel Ferdian Hermawan Loebis di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan sebanyak 30 orang paskibraka untuk Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI itu terdiri dari 17 putra dan 13 putri merupakan siswa SMU sederajat se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terpilih untuk melakukan pengibaran bendera.

"Paskribraka dilatih secara intensif oleh anggota TNI dan Polri," ujarnya.

Menurut dia, saat ini sedang dilakukan gladi bersih dan malam harinya akan dilakukan pengukuhan paskibraka oleh Gubernur Kepulauan Babel di Gedung Mahligai Rumdin Gubernur Babel.

Selain itu, pada 16 Agustus malam akan dilaksanakan doa selamat dan mengaji bersama paskibraka. Selanjutnya pada 18 Agustus akan diadakan kegiatan perlombaan hiburan bagi paskibraka Babel seperti perlombaan makan kerupuk akan dilaksanakan di LPMP Babel.

"Rencananya para paskibraka akan diberikan 'reward' yakni Duta Belia. Duta Belia yaitu apresiasi bagi paskibraka yang akan diberangkatkan melakukan kunjungan ke Malang Jawa Timur, pada 19-23 Agustus," katanya.

Sultan Ramiz Ramadhan (15) salah satu anggota Paskibraka Babel sangat bangga karena telah terpilih menjadi pasukan paskibraka. Berbagai ilmu dan wawasan didapatkan selama mengikuti sebagai paskibraka.

"Bangga bisa terpilih menjadi paskibraka, pelatih dan pendamping maupun panitia semuanya enak dan baik, bisa bertemu dengan teman dari tujuh kabupaten/kota se-Babel," ujarnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019