Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman Djohan mengatakan bahwa hilirisasi balok timah mutlak dilakukan PT Timah Tbk di Babel untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah itu.

"Kita ingin sumber daya mineral ini dihilirisasikan untuk menambah nilai tambah produk timah tersebut," kata Erzaldi Rosman Djohan di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan hilirisasi balok timah akan dimulai grup dari China bekerja sama dengan PT Timah Tbk. Langkah ini harus dilakukan karena perekonomian Babel tidak akan meningkat jika hanya mengandalkan pertambangan.

"Kalau kita mau meningkatkan produk timah ini harus dilakukan hilirisasi," ujarnya.

Menurut dia, hilirisasi ini tidak hanya akan dilakukan produk timah, tetapi seluruh komoditas perkebunan dan pertanian Bangka Belitung.

"Apapun itu, kita harus hilirisasi produk lada putih, karet, sawit, ikan dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan dengan hiliriasi produk pertanian dan perkebunan ini, akan berdampak terhadap harga komoditas lada, karet, sawit, ikan yang membaik sehingga akan berdampak baik terhadap perekonomian petani serta nelayan di daerah ini.

"Harga produk pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan ini akan anjlok, jika kita tidak melakukan hilirisasi produk sumber daya alam daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019