Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan bantuan kepada masyarakat di Kelurahan Kenanga melalui kegiatan pasar murah sembilan bahan pokok (sembako).

"Bantuan pasar murah sembako karena masyarakat di Kelurahan Kenangan akan menyelenggarakan tradisi peringatan 1 Muharram 1441 Hijriah," kata Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka, Thony Marza, di Sungailiat, Selasa.

Dikatakan, pasar murah memperingati hari besar keagamaan dijual dengan harga distributor atau di bawah harga pasar tradisional dengan melibatkan sejumlah distributor sembako di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Harga sembako yang dijual lebih rendah dibandingkan harga eceran yang dijual oleh pedagang di pasar tradisional karena melibatkan langsung distributor," katanya.

Menurutnya,  jenis barang yang dijual antara lain beras dari berbagai merek, bahan bumbu dapur, serta bahan-bahan pelengkap konsumsi rumah tangga lainnya.

"Pasar murah ini  bekerja sama dengan Disperindag Provinsi Bangka Belitung yang mendapat dukungan penuh masyarakat setempat karena mendapatkan harga sembako murah," jelasnya.

Thony Marza mengatakan, kegiatan yang sama direncanakan akan kembali digelar untuk membantu masyarakat pada peringatan hari keagamaan seperti tradisi Rebo Kasan di Air Anyir.

"Saya sarankan seluruh masyarakat untuk membelanjakan keuangan sesuai kebutuhan mengingat harga kebutuhan pangan relatif tinggi selama beberapa bulan," ujarnya.

Dia menjelasnya, lebih dari 70 persen kebutuhan pangan masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dipasok dari luar pulau Bangka seperti Jawa, Lampung dan Palembang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019