Kepala Polsek Mentok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, AKP Alfian Ali mengimbau warga tidak membuang puntung rokok sembarangan karena bisa menjadi penyebab kebakaran hutan dan lahan.

"Kebakaran lahan yang terjadi di Mentokasin, kemungkinan karena kecerobohan warga dalam membuang puntung rokok yang masih menyala," katanya di Mentok, Selasa.

Peristiwa kebakaran lahan dengan luas sekitar 2,5 hektare yang terjadi di Mentokasin, Kelurahan Tanjung, Mentok tersebut berhasil dipadamkan oleh petugas pemadam kebakaran dibantu personel TNI, polisi dan warga sekitar.

"Peristiwa diperkirakan terjadi sekitar pukul 14.00 WIB dan berhasil dipadamkan dalam tiga jam," ujarnya.

Menurut dia, kejadian kebakaran lahan kosong yang ditumbuhi semak ilalang tersebut cepat diatasi berkat kerja sama dan koordinasi yang baik antara warga dan instansi terkait di daerah itu.

Kejadian tersebut diduga disebabkan oleh kelalaian warga yang sedang lewat di sekitar lokasi dan membuang puntung rokok sembarangan.

Dalam kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa maupun materi karena yang terbakar merupakan lahan kosong yang hanya ditumbuhi semak dan ilalang.

"Kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita agar tidak membuang puntung rokok sembarangan karena pada musim kemarau seperti saat ini banyak rumput dan pohon kering dan mudah terbakar," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019