Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan mengelar berbagai lomba untuk memperingati puncak HUT Ke-74 RI di lapangan bola Merdeka Toboali.

"Untuk acara pawai baris-berbaris dan karnaval di mulai pada Selasa (27/8) untuk tingkat sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD) serta pramuka. Kemudian Rabu (28/8) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), pramuka dan umum," kata Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pemkab Bangka Selatan Doni di Toboali, Senin.

Disampaikannya rangkaian acara puncak sekaligus penutupan HUT RI ke-74 ini akan menampilkan berbagai kegiatan serta perlombaan di antaranya jalan santai, senam sehat, atraksi polisi cilik (Pocil), lomba balap karung, lomba tarik tambang dan lomba panjat pinang.

"Khusus lomba tarik tambang pesertanya antar instansi, OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan perangkat Desa. Lomba balap karung dan lomba panjat pinang pesertanya untuk masyarakat umum, putra dan putri serta anak-anak," kata dia.

Menurut Doni kegiatan hiburan lainnya diisi dengan donor darah, pengobatan gratis, pasar murah, kuliner, pembagian hadiah pawai baris-berbaris dan karnaval.

"Acara puncak penutupan HUT RI ke-74 ini di Kecamatan Toboali dilaksanakan mulai dari pagi hari hingga malam hari,"katanya.

Dirinya menyampaikan untuk karnaval jalan kaki, pakaian adat, seni bela diri, kesenian tradisional, sepeda hias, motor hias, mobil hias, konvoi kendaraan, organisasi dan partai politik dilaksanakan hari Kamis (29/8).

"Kepada para peserta yang mengikuti karnaval untuk saling menjaga rasa kebersamaan dan persatuan dengan mengedepankan Bhineka Tunggal Ika sehingga tercipta rasa yang harmonis dan mempererat rasa persatuan dan kesatuan," harapnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019