Para tokoh presidium pembentukan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengusulkan kepada pemerintah daerah untuk menetapkan Hari Ulang Tahun (HUT) pemekaran daerah.

"Kami menggelar kilas balik pembentukan kabupaten dan dalam pertemuan tersebut kami merekomendasikan penetapan HUT Kabupaten Bangka Tengah," kata Seorang tokoh presidium, Rusman Arazis, di Koba, Selasa.

Hal itu dikemukakannya menyikapi belum ditetapkannya HUT Kabupaten Bangka Tengah sebagai agenda rutin setiap tahun untuk mengenang perjuangan pemekaran kabupaten.

"Sudah 16 tahun daerah ini dimekarkan, tidak ada HUT Kabupaten Bangka Tengah maka ini kami usulkan kepada pemerintah daerah," ujarnya.

Menurut dia, penetapan HUT Kabupaten Bangka Tengah mengacu sejak ditetapkannya daerah tersebut sebagai kabupaten pemekaran pada 26 Februari 2003.

"Bangka Tengah statusnya ditetapkan sebagai kabupaten pada 26 Februari 2003, tentu ini bisa dijadikan rujukan untuk merayakan HUT Bangka Tengah secara rutin setiap tahun," ujarnya.

Pihaknya juga akan menerbitkan sebuah buku kilas balik pembentukan Kabupaten Bangka Tengah secara lengkap dan akurat.

"Kami akan menyusun semua data proses pemekaran kabupaten untuk dirangkum dan dijadikan sebuah buku kilas balik, tentu ini menjadi buku bersejarah bagi generasi mendatang," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019