Personel Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung menggiatkan sosialisasi Operasi Patuh Menumbing 2019 untuk meningkatkan kesadaran warga saat berkendara di jalan raya.

"Sosialiasi dengan pola tatap muka dan anjangsana terus kami lakukan bersama kelompok masyarakat, pegawai pemerintah dan para pelajar agar mereka semakin patuh aturan berlalu lintas," kata Kepala Satlantas Polres Bangka Barat AKP Toni Susanto, di Mentok, Kamis.

Menurut dia, pola sosialisasi tatap muka dengan masyarakat dinilai efektif untuk meningkatkan pemahaman aturan berkendara karena peserta bisa mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

"Personel juga lebih leluasa menjawab berbagai pertanyaan warga. Kami akan terus melakukan sosialisasi, selain penegakan hukum terhadap para pelanggar aturan berlalu lintas," katanya pula.

Sosialisasi sudah dilakukan di beberapa lokasi, terakhir dilaksanakan di ruang pertemuan kantor camat Muntok, pada Rabu (4/9) yang diikuti puluhan pegawai kantor dan warga sekitar.

Menurut dia, Operasi Patuh Menumbing 2019 digelar merupakan salah satu upaya kepolisian untuk menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar sekaligus meminimalkan kecelakaan.

"Jika warga patuh aturan berlalu lintas tentunya akan berdampak pada menurunnya jumlah pelanggaran dan kecelakaan di jalan raya," katanya.

Dalam sosialisasi di kantor camat Mentok, pihaknya mengimbau para peserta agar selalu menggunakan helm standar nasional saat berkendara.

"Kami mengajak para peserta untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan ikut membudayakan keselamatan dalam perjalanan," katanya pula.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019