Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melakukan pembinaan terhadap usaha produk kreatif skala rumah tangga melalui Unit Pengolahan Ikan (UPI).

"Kami terus membina produk kreatif skala rumah tangga yang berbahan baku ikan melalui UPI, untuk bisa berkembang dan menjadi usaha yang menjanjikan secara ekonomi," kata Kepala Dinas Kelautan dan Perikananan Provinsi Babel, Dasminto di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, pembinaan terhadap usaha produk perikanan skala rumah tangga merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat pesisir di daerah itu.

"Pembinaan yang kami lakukan di antaranya terkait dengan kualitas produk, kemasan dan termasuk juga pendampingan dalam melakukan promosi serta peluang pasar," ujarnya.

Pemerintah provinsi, tambahnya, sangat fokus dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat pesisir untuk meningkatkan perekonomian yang pada akhirnya nanti membuat keluarga nelayan hidup lebih sejahtera.

"Berbagai upaya kami lakukan dalam melakukan pemberdayaan masyarakat pesisir mulai dari mendorong peningkatan hasil tangkap ikan, hingga pengembangan usaha industri rumah yang berbahan baku ikan," ujarnya.

Ia menjelaskan, pengembangan usaha industri perikanan yaitu melakukan pembinaan secara kontinyu kepada kalangan ibu rumah tangga yang mengembangkan produk kreatif berbahan baku ikan.

"Kalau untuk meningkatkan produksi, tentu kami membantu sarana dan prasarana pendukung di antaranya alat tangkap nelayan dan juga bantuan alat transportasi berupa perahu," ujarnya. 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019